hai-hai......
welcome to my blog...
thanks for visiting my blog....

Kamis, 15 September 2011

contoh RPP

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Mata Pelajaran                        : Kimia
Kelas / Semester                      : XII / Ganjil
Alokasi Waktu                        : 2 x 45 menit

A.    STANDAR KOMPETENSI
Melakukan pengamatan yang tepat dalam melakukan percobaan dan menganalisa hasil percobaan, serta mampu menyatakan pendapat ilmiah dengan benar secara lisan maupun tertulis.

B.     INDIKATOR
Melakukan percobaan reaksi nyala senyawa logam alkali dan alkali tanah dan mengidentifikasi warna nyalanya.

C.     PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran            : Konstruktivistik
Metode Pembelajaran                  : Inkuiri Terbimbing

D.    MEDIA PEMBELAJARAN
Ø  Alat dan bahan untuk percobaan
Ø  Computer dan LCD proyektor
Ø  Buku kimia kelas XII semester ganjil dan buku lain yang memuat materi yang disampaikan

E.     MATERI POKOK
Warna nyala logam alkali dan alkali tanah.

F.      LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan Pembelajaran
1.      Pembukaan
Ø  Membuka pelajaran
Ø  Bertanya kepada siswa tentang:
a.       Letak logam alkali dan alkali tanah dalam Sistem Periodik Unsur.
b.      Unsur-unsur yang masuk dalam golongan alkali dan alkali tanah.
Ø  Mengaitkan materi yang akan dipelajari dengan kehidupan sehari-hari dengan memberikan pertanyaan:
a.       Pernahkah kalian melihat letusan kembang api di malam hari?
b.      Apa yang menyebabkan kembang api memiliki warna-warna yang menarik?
Ø  Menarik perhatian dan memotivasi siswa untuk belajar.
Ø  Menyampaikan  tujuan pembelajaran yang akan dilakukan.

2.      Kegiatan Inti
Fase 1 : Pemberian Masalah
Ø  Mengajukan pertanyaan, “a. apa yang terjadi jika logam-logam alkali dibakar pada nyala api?; b. warna apa yang akan ditimbulkan oleh masing-masing logam? Berbeda atau sama antara logam yang satu dengan logam yang lain?

Fase 2 : Membuat Hipotesis
Ø  Siswa membuat hipotesis terhadap masalah dan menuliskannya pada lembaran kertas.

Fase 3 : Percobaan
Ø  Siswa melakukan pengujian terhadap hipotesis yang mereka ajukan dengan melakukan percobaan.
Ø  Siswa melakukan pengamatan dan mencatat dengan cermat dan teliti hasil observasi percobaan mereka.
Fase 4 : Mengevaluasi Hipotesis
Ø  Siswa menganalisis data hasil percobaan, membuat pembahasan atas hasil yang mereka peroleh dengan membandingkan pada literature yang ada untuk membuktikan kebenaran hipotesis yang mereka buat, dan menjawab pertanyaan yang diberikan guru.
Ø  Meminta siswa untuk melaporkan hasil percobaan mereka dengan mempresentasikannya ( pada kegiatan ini dibuka forum tanya jawab terhadap hasil percobaan ), kemudian diskusi diarahkan oleh guru agar siswa mendapatkan konsep-konsep berikut:
a.       Warna nyala yang diberikan masing-masing logam alkali dan alkali tanah berbeda.
b.      Warna nyala yang diberikan adalah sebagai berikut:
Unsur
Warna nyala*
Unsur
Warna nyala
Lithium
Merah
Berilium
Putih
Natrium
Kuning
Magnesium
Puti
Kalium
Ungu
Kalsium
Jingga-merah
Rubidium
Merah
Stronsium
Merah
sesium
Biru
barium
Hijau
* warna merah lithium, rubidium, & stronsium tidak sama ( panjang gelombang berbeda)

3.      Penutup
Fase 5 : Membuat Keputusan
Ø  Siswa menyimpulkan hasil pembelajaran
Ø  Siswa diminta menyusun laporan secara tertulis sebagai tugas

G.    PENILAIAN
a.       Penilaian Psikomotorik
b.      Penilaian Laporan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar